2 Cara Mudah Merawat Kain Pel Di Rumah

By | October 20, 2016

kain pel tokocuteIni mungkin hal sepele di dalam rumah, namun sebenarnya ini merupakan hal yang penting dalam rumah. Alat pel atau dengan mudah orang menyebutnya kain pel adalah alat kerja dalam bidang kebersihan di dalam rumah. Coba bayangkan jika rumah kotor atau kopi tumpah ke lantai tetapi kain pel tidak ada, pastinya sedikit menyusahkan.

Namun tidak disadari dalam penggunaanya, Anda terkadang mengabaikan perawatan kain pel sehingga kain pel menjadi mudah rusak. Dan tentu saja Anda menggantinya dengan yang baru.

Kain pel tidak dirawat mengakibatkan Anda buang uang percuma

Ketika Anda membeli kain pel yang baru tentu saja Anda melakukan pengeluaran keuangan yang sia-sia sehingga menjadi tindakan yang boros. Bayangkan jika setiap bulan Anda mengganti kain pel, sudah berapa uang yang Anda keluarkan hanya untuk hal sepele. Seharusnya hal tersebut dapat dihindari, jika kain pel terawat dengan baik.

Akibat kain pel tidak dirawat dengan baik

Kain pel akanmengakibatkan beberapa hal jika tidak Anda rawat dengan baik. Berikut adalah akibat dari kain pel yang tidak dirawat dengan baik.

  1. Tindakan boros. Sudah tentu Anda menjadi boros dengan selalu berganti kain pel. Daripada membeli kain pel setiap saat lebih baik dibelikan semangkuk bakso atau seporsi sate.
  2. Menjadikan kain pel kotor dan hitam. Sudah pastinya jika kain pel tidak dirawat menjadikan kain kotor dan hitam.
  3. Bau yang menyengat. Kain pel yang hitam dan kotor akan menimbulkan bau yang menyengat di sekitar rumah.
  4. Menularkan penyakit karena bakteri. Ini hal yang berbahaya jika kain pel kotor akan memudahkan bakteri jahat berkembang biak dengan cepat. Jika digunakan bukannya lantai bersih malah semakin kotor dan mengandung bakteri.
  5. Lantai semakin kotor. Tentulah kain yang kotor semakin menjadikan lantai kotor.

kain pel toko cute

Itulah akibat yang disebabkan kain pel Anda tidak dirawat. Lalu bagaimana cara merawat kain pel agar tetap bisa digunakan setiap saat dan awet digunakan?

Cara mudah merawat kain pel di rumah

Berikut adalah 2 cara mudah merawat kain pel yang bisa Anda lakukan setiap saat :

  1. Lakukan pencucian kain pel. Pencucian kain pel dapat dilakukan dengan cara menyiramkan air panas kemudian disikat hingga bersih kemudian dicuci dengan air sabun lalu bilas hingga bersih. Untuk kotoran membandel dapat dilakukan dengan cara merendam kain pel dengan air panas dan ditambahkan sabun/detergen. Rendam hingga 15-20 menit, kemudian di kucek-kucek lalu bilas dengan air mengalir. Setelah itu keringkan dengan baik. Lakukan pencucian kain pel setelah melakukan pekerjaan pel lantai. Ada baiknya dilakukan rutin setelah beberapa kali dibunakan. Jika hanya mengepel lantai standar dapat dilakukan pencucian dengan air deterjen sambil di kucek-kucek kemudian bilas hingga bersih.
  2. Gantung kain pel setelah digunakan. Letakan kain pel dengan cara digantung agar air lekas kering dan kotoran turun terbawa air akibat gravitasi bumi sehingga maksimal jika digunakn kembali. Gantungkanlah pada tembok atau tempat yang telah tersedia.

Itulah 2 cara sederhana untuk merawat kain pel agar awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat.

Info Menarik Lain:

  • Belum Ada Info Menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *