5 Cara Sederhana Merawat Peci Hitam Kesayangan

By | January 12, 2018

cara merawat peci tokocute

Peci sudah menjadi identitas indonesia terutama peci hitam, karena umat islam telah menjadi mayoritas di negeri ini. Karena banyak umat islam indonesia memakai peci atau kopiak atau juga orang menyebut dengan songkok. Berbeda dengan umat islam di tanah arab.

 Tidak hanya di perkampungan dan pondok-pondok pesantren, peci sudah masuk ke istana dan dunia internasional. Hal ini dapat kita lihat dalam sejarah para pendiri negeri ini menggunakan peci hitam. Lihat saja Bung Karno selalu menggunakan peci hitam.

cara sederhana merawat peci tokocute

Peci hitam telah menjadi identitas nasional

Karena banyak dipakai pejabat negara khususnya Presiden Soekarno. Ini menjadikan peci hitam sebagai simbol nasional, identitas indonesia di dunia internasional. Karena semua presiden (kecuali Megawati) menggunakan peci hitam di semua acara kenegaraan di dalam negeri, kunjungan ke luar negeri, dan acara penting internasional lainnya.

Peci digunakan presiden hingga pejabar lingkungan RT

Sehingga semua foto presiden dan wakil presiden Indonesia juga selalu menggunakan peci sebagai seragam di bagian kepala. Semua pejabat tinggi setingkat menteri hingga yang paling rendah Bapak RT pastinya menggunakan peci hitam.

cara merawat kopiah tokocute

Semakin sering digunakan peci hitam dapat menimbulkan bau

Bagi para pejabat peci yang digunakan pastinya ganti setiap saat, karena peci dapat menimbulkan keringat di kepala dan muncul bau pada bagian dalam peci. Berbeda dengan rakyat yang menggunakan peci setiap saat hingga peci terlihat lusuh dan bau.

Peci hitam membutuhkan perawatan agar awet dan selalu bersih

Oleh sebab itu peci membutuhkan perawatan untuk menjaganya tetap awet dan tidak lepas bau. Secara umum biasanya peci yang cepat rusak adalah peci hitam yang terbuat dari bahan beludru karena semakin lama lapisan kainnya akan mudah buram dan peci mudah lusuh bila terkena air. Berbeda dengan peci yang terbuat dari bahan kain fleksibel atau orang menyebutnya dengan peci haji, biasanya berwarna-warni.

cara mudah merawat peci tokocute

Boleh dikatakan peci hitam berkualitas lebih awet dibanding peci biasa

Mudahnya peci berkualitas lebih awet daripada peci kualitas murah. Walaupun murah asal dirawat dengan baik pun akan tetap awet digunakan dan tidak bau.

Tips agar peci hitam tidak cepat rusak dan tidak bau

Lalu menjadi pertanyaan bagaimana agar peci tidak cepat rusak dan tidak bau? bagaimana cara mengatasinya ? Berikut adalah bagaimana cara merawat peci dengan baik dan benar agar selalu awet dan tidak bau.

1. Menjemur Peci
Jemurlah peci Anda pada sinar matahari selama lebih kurang 20-30 menit. Ini agar peci Anda tetap kaku sehingga peci tidak cepat rusak dan tidak lusuh. Jemurlah peci pada sinar matahari dengan posisi terbalik yaitu yang berlubang berada diatas. Hal ini akan membuat peci Anda tidak lembab sehingga jamur yang ada didalam peci terhambat pertumbuhannya bahkan mati. Keringat yang menempel pun akan kering dan hilang. Sehingga menjadikan peci Anda tidak bau dan tetap bersih.

2. Berikan Pewangi
Cobalah berikan pewangi pada bagian dalam peci Anda. Anda dapat menggunakan cairan pewangi buat helm yang banyak di jual umum atau Anda dapat menggunakan pewangi setrika. Bau biasanya diakibatkan oleh keringat dan minyak rambut yang menempel di bagian dalam peci Anda. Dengan memberikan pewangi, bau akan hilang namun bau dapat kembali muncul kemudian hari. Namun jika Anda selalu merawat bau pada peci akan hilang dengan sendirinya.

3. Hindari Terkena Air
Ini adalah pantangan buat peci Anda, yaitu air. Jangan sekali-kali peci Anda terkena air baik air hujan ataupun air cucian. Karena jika peci hitam (dicuci) terkena air maka peci akan berubah warna menjadi abu-abu. Selain berubah warna jika anda mencuci peci maka kertas karton penyangga peci agar tetap kaku akan rusak, sehingga peci hitam Anda lusuh dan keriting.

4.Membersihkan Debu
Selalu lakukan membersihkan debu pada peci Anda, karena biasanya saat kita memakai peci pasti akan terkena debu. Segeralah bersihkan debu yang menempel pada peci anda. Sebab debu yang tertempel pada peci Anda akan membuat peci menjadi kotor dan jelek.

5. Simpan peci dengan baik
Simpan peci Anda pada tempat yang aman dari tindihan dikarenakan akan membuat peci hancur. Jangan melipat peci hitam Anda menjadi 2 ataupun 3. Simpan ditempat kering dan tidak lembab. Simpanlah didalam lemari atau wadah yang aman dari anak-anak. Baiknya letakkan pewangi pakaian atau pewangi lemari agar peci Anda selalu awet dan bersih.

Itulah 5 cara mencuci kopiah hitam Anda dengan mudah dan murah. Semoga bermanfaat.

Info Menarik Lain:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *