5 Jenis Bahan Dasar Baterai

By | June 6, 2016

baterai lithium toko cuteSetelah Anda tahu jenis jenis baterai menurut ukuran dalam keseharian, ada baiknya untuk menambah pengetahuan tentang baterai. Anda pun harus tahu bahan bahan dasar sebuah baterai, karena dari proses bahan dasar tersebut dapat menghasilkan energi listrik.

Jenis bahan dasar pembuat baterai sangat berpengaruh terhadap hasil. Keawetan sebuah baterai, ketahanan sebuah baterai hingga harga sebuah baterai dapat dipengaruhi oleh bahan pembuatnya.

Semakin bagus bahan pembuat maka semakin handal sebuah baterai, semakin mahal juga harga baterai tersebut. Begitu juga sebaliknya.

bahan pembuat baterai

Jenis bahan dasar baterai

Berikut adalah jenis bahan pembentuk baterai secara umum :

  1. Heavy Duty. Dapat juga disebut sebagai baterai seng-karbon (Zinc Carbon). Jenis bahan ini menghasilkan baterai paling murah. Baterai ini dapat dijumpai pada keperluan rumah tangga seperti jam dinding, remote televisi, mainan anak. Sumber tegangan 1,5 volt.
  2. Alkaline. Dapat juga disebut baterai alkali magan dioksida. Jenis alkali menghasilkan baterai yang lebih awet dari bahan zinc carbon. Baterai jenis ini selain memiliki daya yang lebih lama juga tenaga yang lebih kuat daripada jenis biasa. Sumber tegangan 1,5 volt.
  3. Lithium Cells. Baterai dengan bahan lithium memiliki kemampuan fungsi yang jauh lebih baik dibandingkan baterai biasa. Daya tahan baterai lithium dapat disimpan hingga 10 tahun. Baterai ini mampu bekerja pada suhu yang rendah. Umumnya baterai lithium berbentuk uang koin. Sering kita lihat pada baterai kalkulator dan jam tangan. Sumber tegangan 3 volt.
  4. Silver Oxide Cells. Sesuai namanya baterai jenis ini terbuat dari perak dan memiliki kepadatan energi yang tinggi. Karena dari bahan perak tentunya memiliki harga yang mahal. Baterai ini tidak begitu umum dalam penggunaan keseharian. Sumber tegangan 1,55 volt.
  5. Zinc Air Cells. Baterai ini hanya memiliki anoda (kutub positif) saja, sedangkan untuk katoda (kutub negatif) memanfaatkan udara di sekelilingnya. Biasa digunakan pada alat bantu dengar karena memiliki waktu pemakaian yang sangat lama. Sumber tegangan 1,4 volt.

Itulah  bahan dasar sebuah baterai, semua kembali tergantung kebutuhan Anda ! Semoga bermanfaat.

Info Menarik Lain:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *