6 Cara Sederhana Merawat Sapu Ijuk

By | December 15, 2016

cara merawat sapu ijukSapu ijuk adalah salah satu benda yang banyak dijumpai di setiap rumah. Sudah pasti semua rumah memiliki sapu ijuk. Dan sapu ijuk pula salah satu senjata kaum ibu untuk merawat dan membersihkan rumahnya. Seperti halnya dengan kain pel yang menjadi barang wajib dimiliki disetiap rumah.

Walaupun saat ini teknologi sudah canggih, sapu ijuk dapat digantikan oleh vacum cleaner, namun kesemua itu masih mahal untuk dimiliki mayoritas kaum ibu. Dan pilihan tetap pada sapu ijuk yang murah dan mudah digunakan.

Sapu ijuk adalah salah satu alat kebersihan yang wajib dimiliki

Boleh dikatakan sapu ijuk adalah barang yang sangat sederhana, akan tetapi fungsi dan manfaatnya begitu banyak. Bayangkan rumah tanpa sapu ijuk begitu kotor dan berdebu. Yang berakibat pada kesehatan si pemilik rumah.

Sapu ijuk walaupun sederhana harus tetap dirawat agar menjadi awet dan tahan lama. Karena fungsi sapu sebagai salah satu alat kebersihan di rumah, maka sapu harus dirawat agar tetap awet dan maksimal digunakan.

cara mudah merawat sapu ijuk

Cara merawat sapu ijuk

Lalu bagaimana cara merawat sapu ijuk di rumah agar tetap awert dan tahan lama. Berikut adalah bagaimana cara merawat secara sederhana sapu ijuk agar maksimal dan tahan lama :

  1. Gunakan dahulu satu sisi. Gunakanlah satu sisi untuk menjadikan sapu ijuk lebih awet dan tahan lama. Sehingga jika satu sisi telah rusak masih ada satu sisi lain yang masih dapat digunakan.
  2. Cucilah sapu ijuk dengan air deterjen. Luangkanlah waktu Anda untuk membersihkan sapu ijuk dengan cara merendam sapu ijuk pada air deterjen hangat. Diamkanlah hingga satu jam kemudian bilas dengan air bersih dan mengalir. Air deterjen akan merontokan kotoran dan debu yang menempel pada tiap helai sapu ijuk.
  3. Ikat agar tidak mekar. Ikat ujung dari sapu ijuk dengan karet kemudian rendam agar sapu ijuk lentur dan tidak mekar ujung-ujungnya, kemudian keringkan. Maka ujung-ujung sapu ijuk akan kembali rapat seperti sediakala.
  4. Simpan dengan posisi terbalik. Simpanlah sapu Anda dengan posisi terbalik agar kotoran dan sisa air dapat turun ke lantai karena proses gravitasi bumi. Hal ini juga agar ijuk pada sapu tidak tertekan oleh batang sapu yang dapat mengakibatkan ijuk menjadi miring akibat tekanan.
  5. Miliki sapu ijuk cadangan. Ini adalah hal yang baik, sediakanlah sapu cadangan untuk memudahkan kerja Anda dalam membersihkan rumah. Jika sapu ijuk mengalami kerusakan atau dalam proses dicuci dan dikeringkan, Anda dapat menggunakan sapu ijuk cadangan.
  6. Jangan gunakan untuk menyapu di halaman. Jangan sekali-kali menggunakan sapu ijuk untuk menyapu halaman rumah yang terbuat dari tanah. Gunakanlah jenis sapu lidi untuk menyapu halaman rumah atau lantai tanah. Jangan juga digunakan menyapu lantai yang basah ataupun becek, hal ini dapat menyebabkan sapu ijuk lekas kotor dan rusak.

cara sederhana merawat sapu ijuk

Itulah 6 cara sederhana merawat sapu ijuk di rumah. Semoga bermanfaat !

Info Menarik Lain:

  • Belum Ada Info Menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *