8 Cara Mudah Merawat Blender Di Rumah

By | July 17, 2018

Blender salah satu peralatan dapur yang sangat penting walaupun bagi sebagian orang tidak setiap hari digunakan. Blender umumnya digunakan untuk membuat minuman jus ataupun smoothie. Bagi sebagian kaum ibu blender juga digunakan untuk membuat bumbu, menghaluskan bumbu, hingga membuat sambal.

Dilihat dari banyaknya jenis bahan yang dapat dihancurkan oleh blender, mulai dari buah yang lembut, hingga rempah yang keras seperti lada, buah pala, bahkan kemiri. Ada juga bahan yang beraroma tajam seperti cabai, bawang merah, bawang putih, dan bumbu dapur lainnya.

Merawat blender akan menjaga umur dan keawetan 

Sangat penting diketahui oleh Anda bagaimana cara merawat blender yang baik dan benar agar awet dipakai dan tidak berbau. Dengan mengetahui cara merawat blender menjadikan blender Anda awet bertahun-tahun. namun bukan itu saja keuntungan dari merawat blender. Blender Anda akan selalu bersih, tidak berbau, dan siap kapan saja untuk digunakan dalam kondisi yang normal.

Bagaimana cara merawat blender yang baik dan benar

Untuk merawat blender yang baik dan benar, yang diperlukan adalah kemauan Anda dan disiplin dalam pemakaian. Akan sia-sia jika Anda hanya merawat blender hanya beberapa bulan sekali bahkan setahun sekali.

Inilah rahasia merawat blender di rumah

Untuk merawat blender dengan baik dan benar ada rahasianya. Berikut adalah tips singkat yang perlu Anda ketahui dalam perawatan blender yang kita miliki :

  1. Pilihlah blender dengan tombol pengatur serta tahan pecah. Ini langkah pertama yang harus Anda ambil tak kala kali pertama akan membeli blender, selain merk yang profesional, harga yang terjangkau. Pilihlah blender dengan yang ada tombol pengatur dan gelas yang tahan pecah. Sebab gelas tahan pecah akan menjadikan blender lebih awet. Dengan adanya tombol pengatur maka akan memperpanjang umur motor dan mata blender.
  2. Gunakanlah grinder untuk bumbu dapur. Ini langkah sederhana yang sering dilupakan kaum ibu sebagai pemakai utama dari blender di rumah. Gunakanlah grinder (gelas/tabung yang kecil) untuk menggiling bumbu atau rempah yang keras. Jika Anda menggunakan gelas utama maka gelas akan terkontaminasi bau dari bahan rempah tersebut.
  3. Isi dengan bahan secukup mungkin. Langkah selanjutnya dalam merawat blender agar awet adalah jangan mengisi gelas blender melebihi dari setengah ukuran karena akan membuat mata pisau bekerja sangat keras untuk melumatkan bahan tersebut. Dan yang berbahaya ketika mata pisau bekerja terlalu berat makan akan merusak membuat motor menjadi lebih panas dan kemungkinan rusak atau terbakar dapat terjadi.
  4. Gunakan blender sebentar saja. Langkah berikut untuk menjadikan blender Anda awet adalah jangan menggunakan blender hingga berputar terlalu lama. Karena maksimal blender menyala sekitar 30 menit. Lebih dari itu akan membuat motor blender menjadi cepat panas akibat putaran pisau blender yang terlalu lama. Nyalakanlah sewajar mungkin, lagi pula 5 – 10 menit saja cukup untuk melumat bumbu dapur yang keras sekalipun.
  5. Hindari menghancurkan batu es. Langkah berikutnya dalam merawat blender agar awet adalah kurangi melumat batu es. Sebab ketika mata blender menghancurkan batu es maka mata blender akan bekerja keras. Begitu juga dengan motor blender akan bekerja keras untuk menghancurkan batu es tersebut. Untuk menghindari blender lekas rusak maka masukanlah es serut untuk menggantikan batu es.
  6. Segera bilas dan cuci setelah pemakaian. Cara berikutnya untuk merawat blender agar selalu awet adalah biasakanlah membilas atau mencuci blender setelah pemakaian. Sebab jika terlalu lama baru di cuci akan membuat blender sulit untuk di bersihkan, dan membuat mata blender menjadi cepat tumpul. Kebiasaan ini juga akan menjadikan gelas blender selalu bersih dan bening.
  7. Keringkan segera blender setelah pemakaian. Langkah selanjutnya adalah dengan lekas mengeringkan blender yang telah di bilas atau dicuci. Lap kering menggunakan lap yang bersih dan kering. Jika Anda tidak segera mengelap kemungkinan karat pada mata pisau akan terjadi dan ini akan menjadikan pisau cepat tumpul.
  8. Gunakan bahan alami untuk menghilangkan bau. Langkah terakhir dalam merawat blender adalah gunakanlah bahan alami untuk menghilangkan bau pada blender. Sebab bahan kimia dapat merusak karet pengaman blender sehingga menjadikan karet lekas mengembang atau mengecil. Bahan kimia juga dapat membuat korosi pada mata pisau. Anda dapat menggunakan irisan jeruk nipis dan air untuk menghilangkan bau dengan cara mem-blender jeruk nipis dan air, bilas kemudian keringkan. Anda dapat pula mem-blender roti tawar untuk menghilangkan bau, setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan.

Itulah rahasia merawat blender di rumah agar awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat !

Info Menarik Lain:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *