8 Cara Mudah Merawat Teko Listrik Yang Baik Dan Benar

By | October 27, 2018

Teko listrik atau kettle listrik merupakan sebuah peralatan dapur yang digunakan untuk membuat air panas atau mendidih. Teko listrik saat ini banyak digunakan karena penggunaannya yang mudah dan sederhana, tidak memerlukan api untuk memasak air panas. Teko listrik menggunakan daya listrik untuk memasak air.

Teko listrik pun menjadi idola bagi banyak orang selain mudah dan murah, teko listrik bentuknya kecil dan mudah dibawa-bawa. Bagi sebagian masyarakat menengah kebawah teko ini banyak digunakan untuk memanaskan air untuk membuat minuman kopi atau teh panas.

Teko listrik telah banyak digunakan 

Namun bukan hanya masyarakat kecil, teko listrik pun banyak digunakan pihak hotel mewah untuk dijadikan peralatan standar di kamar. Jadi teko listrik banyak digunakan banyak orang mulai dari masyarakat kecil hingga masyarakat berkelas.

Teko listrik memiliki banyak model dan bentuk

Teko listrik pun beragam bentuk dan model, dari yang murah meriah hingga yang mewah. Dari yang berbahan plastik hingga berbahan stainless steel yang mewah. Semakin bagus dan mewah maka harganya pun semakin mahal. Namun kesemua tetap satu gunanya yaitu memasak air saja.

Luangkan waktu untuk merawat atau membersihkan teko listrik

Jika Anda menggunakan teko listrik hampir setiap hari ada baiknya Anda meluangkan waktu untuk merawat atau membersihkannya. Dan mudah sekali untuk membersihkan atau merawat teko listrik. Sebab jika Anda tidak rajin untuk merawat atau membersihknya maka secara otomatis teko listrik akan cepat rusak.

Bagaimana cara merawat dan membersihkan teko listrik

Lalu Anda bertanya bagaimana cara merawat atau membersihkan teko listrik. Dan berikut adalah cara mudah untuk merawat atau membersihkan teko listrik secara baik dan benar.

Cara membersihkan teko listrik

Berikut adalah cara mudah membersihkan teko listrik :

  1. Cabut steker dari sumber listrik. Hal pertama yang Anda harus lakukan sebelum membersihkan teko listrik yaitu mencabut teko listrik dari sumber listrik. Agar saat membersihkan tidak tejadi hubungan arus pendek atau teko terbakar.
  2. Gunakanlah lap basah untuk membersihkan. Langka berikutnya adalah Anda gunakanlah lap basah untuk membersihkan bagian luar teko. Lap seluruh permukaan teko agar bersih dan hilang seluruh kotoran yang menempel. Jika hal ini rutin Anda lakukan maka teko listrik Anda selalu bersih.
  3. Keringkan dengan lap kering yang berbahan halus. Langkah berikutnya adalah dengan mengeringkan seluruh permukaan teko dengan lap kering yang berbahan halus agar teko listrik Anda  tidak tergores.
  4. Kosongi dan bersihkan setelah 3 kali pemakaian untuk merebus air. Ada baiknya Anda mengosongkan seluruh isi teko setelah 3 kali pemakaian dan bersihkan bagian dalam dengan menggunakan air bersih, dapat juga menggunakan cairan pencuci piring kemudian bilas dengan bersih.
  5. Simpan di tempat yang kering dan bersih. Setelah semua langkah dilakukan, langkah terakhir adalah dengan menyimpan teko listrik di tempat yang kering dan bersih, serta jauh dari jangkauan anak-anak.

Petunjuk merawat teko listrik

Dan berikut adalah cara mudah merawat teko listrik :

  1. Sebelum dipakai pastikan kondisi teko bersih. Sebelum Anda menggunakan teko listrik pastikan perlatan tersebut telah bersih bagian luar dan dalam. Jika kotor maka Anda akan menghasilkan air panas yang kotor juga.
  2. Isi air sesuai dengan ukuran dan kapasitas teko. Cara berikutnya agar teko listrik Anda awet adalah isilah sesuai dengan kapasitas teko jangan terlalu banyak jangan pula terlalu sedikit. Terlalu sedikit saat mendidih maka air akan menjadi kering dan teko dapat terbakar.
  3. Kelebihan mengisi air berdampak tumpah saat mendidih dan dapat berakibat hubungan arus pendek. Kelebihan dalam mengisi teko juga berakibat teko dapat terbakar dan rusak.
  4. Hubungkan dengan tegangan yang sesuai dengan standar yang ditentukan. Langkah sederhana lainnya dalam menggunakan dan merawat adalah gunakan sumber tegangan sesuai dengan petunjuk dan gunakan kabel sesuai dengan kabel bawaan. Jika kabel Anda rusak Anda dapat membeli sesuai ukuran yang sebelumnya.
  5. Jauhkan dari jangkauan anak saat Anda memasak. Dan hal sederhana lainnya yang harus Anda perhatikan adalah jauhkan dari jangkauan anak-anak agar aman. Karena teko listrik menghasilkan panas pada seluruh bagian luar teko.
  6. Jika ingin menggunakan kembali maka dinginkan dahulu teko listrik. Dan langkah yang sering Anda abaikan adalah sebaiknya Anda dinginkan terlebih dahulu teko listrik Anda setelah itu baru dapat Anda gunakan.
  7. Cabut steker setelah pemakaian. Langkah selanjutnya agar teko Anda tidak lekas rusak adalah cabut steker setelah pemakaian.
  8. Jangan merendam seluruh teko ke dalam air. Agar teko Anda awet jangan rendam seluruh atau sebagian teko listrik ke dalam air. Hal ini dapat berakibat teko listrik rusak dan mati total.

Itulah cara mudah membersihkan dan merawat teko listrik agar selalu awet dan tahan lama.

 

Info Menarik Lain:

  • Belum Ada Info Menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *