10 Cara Mencegah Kebakaran Saat Mudik

By | June 8, 2018

Mudik telah tiba! mudik telah tiba! horee ! Itu adalah sepenggal syair yang sering banyak terucap saat mendekati hari raya. Yang jika diucapkan dapat membangkitkan semangat untuk menikmati liburan dan mudik. Dan tentunya kata semangat dalam menyambut hari raya.

Mudik di negeri ini sudah menjadi sebuah tradisi dan kebiasaan dalam menyambut hari raya. Hingga mudik menjadi sesuatu yang unik dan menyenangkan, hingga mudik pun mendatangkan permasalhan di pihak lain.

Mudik adalah sebuah tradisi

Terlepas dari permasalahan mudik yang ada saat ini. Namun mudik itu masih banyak orang yang tidak mengetahui arti mudik dan apa itu mudik, yang mereka tahu mudik yah mudik yang penting mudik. Jika dilihat dari wikipedia mudik adalah kegiatan perantau/pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya.

Di indonesia mudik sebuah aktifitas masal menjelang hari raya

Mudik di Indonesia sangat identik dengan tradisi tahunan warga muslim yang terjadi menjelang Hari Raya Idul Fitri. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan seluruh sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya yang terpenting adalah menemui orang tua.

Hampir semua moda transportasi digunakan untuk mudik

Saat mudik banyak moda transportasi yang digunakan, dan moda transportasi yang digunakan antara lain : pesawat terbang, kereta api, kapal laut, bus, dan kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor, bahkan truk dapat digunakan untuk mudik. Sebenarnya mudik juga terjadi di negeri lain, mudik muncul pada beberapa negara berkembang dengan mayoritas penduduk muslim, seperti Malaysia dan Bangladesh.

Mudik dapat menimbulakan sebuah permasalahan

Mudik disisi lain adalah sebuah kebahagian, namun disisi yang lain mudik dapat berakibat pada sesuatu yang merugikan. Sebab ketika Anda lalai saat menjelang mudik dapat berakibat fatal terutama pada rumah Anda yang Anda tinggal untuk mudik.

Pencurian dan kebakaran salah satu kejadian akibat Anda lalai saat mudik

Kejadian yang tidak menyenangkan yang sering terjadi saat Anda mudik adalah pencurian pada rumah yang kosong, kebakaran pada rumah yang kosong. Agar tidak terjadi kejadian tersebut, ada baiknya sebelum Anda mudik Anda harus benar-benar memastikan rumah Anda dalam keadaan aman.

Inilah tips mencegak kebakaran saat Anda mudik

Berikut adalah tips mencegah kebakaran rumah saat Anda mudik :

  1. Matikan semua aliran listrik alat-alat elektronik. Anda wajib untuk mematikan seluruh aliran listrik alat-alat elektronik Anda, mulai dari kipas angin hingga TV, dan sebagainya.
  2. Matikan aliras lemari es dan kosongkan isi lemari es. Jika mudik agak lama, Anda wajib mengosongkan isi lemari es. Sebab isi lemari es dapat berisiko pada kebakaran, ataupun hubungan arus pendek.
  3. Kosongkan tempat penampungan air kemudian matikan aliran listrik. Anda wajib mengosongkan penampungan air dan mematikan aliran listrik. Apalagi penampungan air Anda dibuat otomatis dan terjadi kran bocor, otomatis mesin air menyala. Dan ini berisiko pada listrik dan rumah Anda.
  4. Rapikan kabel yang berada dibawah karpet atau perabot lain atau kabel yang berantakan. Anda wajib merapikan seluruh kabel yang ada, semisal kabel rol yang berantakan. Hal ini berisiko jika di gigit tikus dan berakibat hubungan arus pendek.
  5. Matikan seluruh lampu pada ruangan. Sebaiknya Anda mematikan seluruh lampu pada setiap ruangan. Anda juga dapat menggunakan sensor otomatis lampu jika ingin terlihat rumah ada penghuninya. Mati otomatis saat siang datang dan menyala otomatis saat malam tiba.
  6. Cabut regulator gas. Untuk memastikan aman ada baiknya Anda mencabut regulator tabung gas di rumah Anda.
  7. Tutup tabung gas dengan rapat. Pastikan tabung gas Anda aman dari kebocoran. Biasanya banyak orang yang menutup ujung tabung gas dengan plastik dan karet agar tidak ada celah untuk kebocoran.
  8. Letakan tabung gas pada ruangan terbuka. Setelah Anda cabut regulator gas, sebaiknya simpan tabung gas pada ruangan terbuka. Agar jika terjadi kebocoran, gas akan terurai oleh udara di ruang terbuka.
  9. Pastikan tidak ada sisa rokok saat Anda berangkat mudik. Periksalah seluruh ruangan dari sisa-siapuntung rokok jika Anda merokok. Sebab puntung rokok dikawatirkan masih ada bara apinya.
  10. Cabut semua steker atau colokan yang menempel. Periksalah dan cabut semua steker yang ada di rumah.

Itulah 10 tips agar rumah Anda terhindar dari kebakaran saat mudik. Semoga bermanfaat dan selamat mudik semoga selamat sampai tujuan dan selamat hingga kembali ke rumah.

Info Menarik Lain:

  • Belum Ada Info Menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *