4 Cara Sederhana Merawat Jam Dinding Rumah

By | October 4, 2016

jam dinding tokocuteBapak / Ibu ini mungkin hal sepele bagi sebagian orang di rumah mengenai jam dinding yang ada di rumah. Yaitu merawat sebuah jam dinding, dan kenapa juga jam dinding harus di rawat atau dibersihkan?

Jam dinding merupakan salah satu peralatan atau perlengkapan di sebuah rumah, sebagai petunjuk waktu dan juga sebagai hiasan rumah. Jam dinding walaupun barang sederhana namun memiliki berjuta manfaat bagi penghuni rumah. Dan ada baiknya barang yang bermanfaat harus dijaga dan dirawat.

Jam dinding dapat mempengaruhi kehidupan Anda

Apalagi ketika bulan ramadhan, hampir setiap saat mata memandang ke arah jam dinding ataupun menerawang jauh berharap jam dinding berdetak cepat. Dan bagaimana saat Anda bangun terlambat karena jam dinding mati ataupun rusak, tentunya dapat berakibat fatal.

cara mudah merawat jam dinding tokocute

Oleh karena itu ada baiknya Anda merawat jam dinding dengan baik, dan bagaimana cara mudah merawat jam dinding di rumah?

Cara merawat jam dinding di rumah

Nah berikut adalah cara sederhana dan mudah untuk merawat jam dinding di rumah agar jam dinding dalam kondisi terabik, bersih, dan tepat waktu :

  1. Seting jam dinding sesuai waktu resmi yang berlaku. Cocokanlah dengan sumber waktu terpecaya, sesuai jam internet ataupun secara mudah menyamakan dengan jam pada televisi setempat atau radio setempat. Ada pula sebagian orang yang dengan sengaja melebihkan waktu pada jam dinding di rumah, terutama jam dinding di kamar dengan tujuan bangun lebih awal dan tidak terlambat untuk berkerja atau bersekolah. Itu wajar wajar saja, asal perlu diingat berapa menit waktu yang dilebihkan atau di kurangkan.
  2. Bersihkan secara teratur. Bersihkan secara berkala pada bagian luar jam dinding, terutama bagian kaca agar angka jam selalu terlihat jelas. Gunakanlah pembersih kaca dan lap bersih. Pada bagian belakang pun harus dibersihkan berkala terutama dari debu yang menempel. Bersihkan juga pada bagian mesin dari debu dengan lap ataupun kuas bersih. Biasanya jika tidak sering dibersihkan, sela-sela bagian mesin menjadi sarang semut ataupun cicak bertelur.
  3. Segera ganti baterai pada jam dinding. Ganti baterai pada jam dinding jika waktu sudah mengalami telat atau jarum jam mulai tersendat-sendat. Gunakanlah baterai dengan kualitas terbaik agar awet dan tidak bocor. Karena jika menggunakan baterai murah dapat mengakibatkan korosi pada rumah jam dan berakibat mesin jam rusak.
  4. Ganti mesin jam dinding daripada membeli baru. Yang terakhir jika baterai baru tidak dapat menggerakan jarum jam, segera ganti jam dinding Anda dengan jam dinding baru. Namun saat ini jika mesin bermasalah ataupun mesin rusak, Anda dapat mengganti mesin tersebut dengan yang baru, tanpa harus mengganti jam dinding secara utuh. Ini dapat menghemat biaya apabila mengganti jam dinding keseluruhan. Anda dapat mendapatkan mesin jam dinding di tukang servis jam ataupun secara online.

Itulah cara sederhana dan mudah merawat jam dinding di rumah, semoga bermanfaat buat Anda.

Info Menarik Lain:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *