5 Cara Merawat Remot TV Agar Awet

By | March 20, 2018

Remot TV adalah salah satu barang favorit dalam keluarga dan juga barang yang sangat berharga hingga menjadi rebutan antara Si Ibu dan anak-anaknya. Tidak lepas juga menjadi rebutan si Ayah dan anak-anaknya. Satu menit saja remot TV hilang atau berpindah tempat, spontan ada yang teriak keras mencari-carinya.

Menjadi barang yang amat berharga menjadikan remot TV walaupun sudah jelek ataupun rusak asalkan masih berfungsi akan tetap dipakai dan digunakan. Malah banyak remot TV hingga di beri karet gelang atau isolasi agar tetap berfungsi. Yang terpenting masih bisa digunakan untuk menonton saluran televisi kesayangan Anda.

Apakah remot TV Anda mengalami hal tersebut seperti diatas. Atau memang Anda lebih suka saat remote TV rusak sedikit Anda mengganti dengan yang baru. Ataukah saat remot TV Anda rusak maka Anda langsung mebeli TV yang baru.

Remot TV adalah barang yang sangat mahal dan sulit dicari

Walaupun harganya tidak mencapai jutaan rupiah, remot TV adalah barang mewah dan susah mencarinya Anda wajib merawatnya agar tetap awet dan enak untuk digunakan setiap hari. Jagalah barang mewah tersebut agar tidak cepat rusak. Sebab saat rusak bukan hanya uang yang Anda keluarkan. Emosi Anda dapat keluar seketika karena seisi rumah ribut dengan masalah remot TV yang rusak.

Cara merawat remot TV agar awet di gunakan

Lalu bagaimana cara merawat remot TV agar tetap awet digunakan, tentunya bagaimana cara merawat remot TV dengan baik dan benar. Berikut adalah cara merawat remot TV buat Anda di rumah :

  1. Jagalah remot TV Anda jangan sampai jatuh. Ini adalah hal terpenting dalam menjaga remot televisi agar awet dan enak untuk terus digunakan setiap hari. Jagalah remot agar tidak jatuh atau terbentur keras. Jangan sampai remot buat mainan untuk dilempar sana-sini. Jika remote telah terjatuh maka baterai akan lepas, casing pecah dan yang terparah akan merusak komponen dalam remot tersebut.
  2. Jauhkan dari air dan lembab. Hal lainnya dalam merawat remot agar tetap awet adalah hindarkan remot dari air dan lembab. Sebab jika terkena air dapat berisiko besar terhadap arus pendek  komponen di dalam remot. Dan tentunya remot TV Anda akan mati total karena air. Jangan biarkan si kecil bermain-main dengan remot TV Anda. Banyak kejadian remot TV rusak karena dimasukan ke dalam gelas air minum oleh si kecil. Ada juga kasus remot TV menjadi rusak karena terlalu sering dimasukan ke dalam mulut si kecil dengan air liur yang banjir.
  3. Jangan terlalu keras menekan tombol. Ini merupakan hal sepele dan tidak terpikirkan oleh Anda, gunakanlah remot TV dengan bijak terutama jangan terlalu keras menekan tombol pada remot TV. Kadangkala Anda terlalu bersemangat saat menonton program televisi kesayangan Anda. Atau Anda terlalu beremosi saat menonton drama kesayangan. Sebab terlalu keras menekan tombol akan merusak lapisan PCB dalam remot sehingga tombol tidak aktif secara baik dan benar. Biasanya yang sering terjadi pada tombol volume dan tombol pencari program.
  4. Bersihkan seluruh permukaan dengan baik dan sela-sela tombol. Satu lagi yang mesti Anda lakukan dalam merawat remot TV adalah dengan rajin membersihkan seluruh permukaan remot TV dan sela-sela tombol dari kotoran, debu dan keringat. Sebab keringat yang berlebih dapat merusak komponen dalam remot. Dan jika komponen dalam rusak tentu remot akan menjadi rusak pula.
  5. Gunakan dan ganti hanya dengan baterai berkualitas dan ganti secara bersamaan. Langkah selanjutnya dalam merawat remot TV adalah gunakanlah baterai yang berkualitas agar remot awet dan baterai menjadi tahan lama. Jika Anda menggunakan sembarang baterai, maka rumah baterai dapat korosi akibat cairan baterai murah yang keluar sehingga dapat merusak penghubung baterai dengan komponen remot. Jika hal itu terjadi mau tidak mau Anda harus membeli remot TV yang baru. Dan ingat untuk mengganti baterai gantilah baterai secara bersamaan, jangan hanya mengganti 1 baterai saja.

Itulah 5 cara merawat remot televisi agar awet digunakan sehari-hari. Semoga bermanfaat !

Info Menarik Lain:

  • Belum Ada Info Menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *