5 Ciri-Ciri Penipuan Online

By | May 31, 2016

toko online toko cute

toko online toko cuteDengan berkembangnya jaman, semakin dekat teknologi dengan manusia, bahkan kini teknologi mampu mengendalikan manusia. Karena teknologi begitu dekat dengan manusia, kini untuk melakukan transaksi jual beli tidak harus ke pasar.

Hanya dengan perangkat pintar dan sentuhan jari semua yang diinginkan dapat dipenuhi. Dengan contoh sederhana, hanya dengan jari di ponsel seseorang dapat membeli barang yang diinginkan begitu cepat, sekali sentuh barang diantar kurir.

Semakin hari transaksi online semakin bertambah jumlahnya. Dapat ditandai dengan hadirnya ratusan toko online dari yang kecil hingga toko online besar, yang bersifat lokal hingga toko yang bersifat global. Penawaran secara online pun gila-gilaan dengan munculnya banyak iklan di perangkat gadget.

waspada penipuan online

Ciri-ciri penipuan online

Dengan banyaknya transaksi online dari hari ke hari hal ini dimanfaatkan orang-orang jahat untuk mengeruk keuntungan sebesar besarnya. Penipuan pun terjadi disana sini dengan bermacam-macam cara.

Berikut adalah 5 ciri-ciri dasar penipuan online :

  1. Pesan Lewat SMS. Banyak orang terjebak atau tertipu dengan modus sederhana ini. Walaupun modus sederhana, banyak korban penipuan berawal dari sms atau pesan singkat di ponsel. Abaikan jika mendapat sms yang berasal dari nomer atau orang tidak dikenal. Abaikan jika ada sms penawaran yang tidak masuk akal.
  2. Nomer Telepon Berbeda. Banyak penipu menggunakan mesin penyebar sms masal untuk menjaring calon korban. Yang perlu diperhatikan pasti setiap sms tersebut menggunakan nomer berbeda antara pengirim sms dan nomer yang dituju.
  3. Menggunakan Domain Gratis. Para penipu online banyak yang menggunakn domain gratis ataupun sub domain. Karena semua toko online terpercaya menggunakan domain berbayar dan hosting berbayar. Toko online pastinya sudah menyiapkan modal dasar untuk membeli domain dan hosting. Berbeda dengan penipu, menggunakan yang gratis untuk alasan menghilangkan jejak dan tentunya mengurangi biaya operasional alias modal kecil untuk hasil besar.
  4. Harga Di Bawah Pasaran. Hati-hati dengan penawaran murah atau harga yang tidak masuk akal. Cek harga di situs resmi atau di toko resmi. Jika ada yang menawarkan harga di bawah pasaran biasanya menipu. Terutama harga barang elektronik hingga tidak masuk akal. Dan bukan berarti ada yang jual murah di bilang penipu.
  5. Nomer Rekening Berbeda. Nomer rekening yang selalu ganti disinyalir melakukan penipuan. Anda bisa cek dengan order dari nomer ponsel atau pin BB yang beda. Jika penjual menyediakan nomer rekening berbeda-beda bisa saja menipu. Tetapi tidak semua yang menggunakan nomer rekening berbeda adalah penipu. Mungkin saja si pemilik menggunakan nomer rekening Bank A atas nama dia, dan nomer rekening Bank B atas nama suaminya.

waspada penipuan online di internet

Itulah 5 ciri-ciri dasar penipuan online yang banyak beredar. Waspada, waspadalah ! Jika ada tambahan silahkan berkomentar 😀

Info Menarik Lain:

  • Belum Ada Info Menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *