5 Langkah Mudah Merawat Dan Membersihkan Mesin Cuci

By | May 8, 2018

Saat ini para ibu sudah tidak lagi mencuci pakaian sendiri, banyak para ibu terutama di kota besar menyerahkan semua kepada asisten rumah tangga mereka. Namun ada pula yang masih mencuci sendiri namun tidak lagi dengan tangan mereka.

Saat ini para ibu sudah terbiasa mencuci dengan alat bantu yaitu mesin cuci. Sehingga secara tidak langsung Anda para ibu sudah tergantung dengan mesin dalam urusan mencuci. Terlalu tergantung dengan mesin, sehingga saat mesin rusak atau mati Anda pasti berteriak keras, dan malas untuk kembali mencuci dengan manual.

Mengingat peran mesin cuci tersebut yang sangat besar dalam urusan rumah tangga. Anda harus tahu bagaimana merawat mesin cuci Anda di rumah agar awet dan tahan lama. Lalu bagaimana cara merawat dan membersihkan mesin cuci di rumah agar awet dan tahan lama.

Cara mudah merawat mesin cuci

Berikut ini adalah cara merawat dan mencuci mesin cuci dan beberapa tips berguna untuk merawat mesin cuci Anda agar selalu dalam kondisi prima. Ada baiknya selalu cek buku manual mesin cuci sebelum mulai membersihkannya dan pastikan Anda mengenakan pakaian pelindung pada saat bersentuhan dengan produk pembersih, minimal menggunakan sarung tangan saat menggunakan bahan kimia.

Cara membersihkan mesin cuci 2 tabung

Berikut adalah cara mencuci mesin cuci 2 tabung atau mesin cuci bukaan atas. Proses untuk membersihkan mesin cuci bukaan pastilah berbeda dibandingkan proses membersihkan mesin cuci bukaan depan. Namun disini saya lebih memilih mesin cuci bukaan atas karena mesin cuci ini yang paling banyak digunakan para ibu.

  1. Bersihkan tabung dengan air panas. Langkah awal membersihkan mesin cuci 2 tabung, mulailah dengan menjalankan program pencucian menggunakan air panas pada mesin cuci yang telah Anda kosongkan. Nyalakan mesin  tanpa ada pakaian sama sekali.
  2. Putar mesin cuci sekali lagi. Langkah berikutnya adalah menjalankan program pencucian dengan air panas sekali lagi. Pada saat mesin cuci telah terisi air dan mulai berguncang, tambahkan 3 gelas cuka putih dan 6 sendok makan bubuk soda kue. Hal ini berguna untuk membersihakn seluruh dinding tabung dan sela-sela tabung dari kotoran dan jamur, serta bakteri.
  3. Biarkan hingga benar-benar teraduk rata. Langkah selanjutnya adalah biarkan larutan ini teraduk-aduk selama 30 detik, lalu matikan mesin cuci. Diamkan selama setengah jam hingga satu jam  agar meresap.
  4. Ulangi sekali lagi proses pencucian. Langkah berikutnya adalah, setelah dinding tabung mesin cuci benar-benar terendam, nyalakan kembali dan selesaikan program pencuciannya.
  5. Matikan mesin dan lap seluruh bagian dinding tabung. Langkah terakhir adalah matikan mesin cuci dan lap bagian dalamnya memakai kain yang telah direndam dalam campuran air panas dan cuka dengan komposisi sebanding. Pastikan Anda mengelapnya secara menyeluruh permukaan dinding tabung termasuk bagian pinggiran, langit-langit, dan sela-sela tabung mesin cuci.

Cara merawat mesin cuci di rumah

Anda pun bertanya-tanya bagaimana cara merawat mesin cuci di rumah agar tetap awet dan tahan lama dipakai. Dan pekerjaan membersihkan mesin cuci tidak terlalu berat jika Anda berniat dan mau melakukannya dan tentunya mengikuti tips simpel perawatan mesin cuci dari tokocute.info di bawah ini :

  1. Bersihkan permukaan mesin cuci dari sisa deterjen dan kotoran. Dalam merawat mesin cuci di rumah langkah pertama yang harus diperhatikan adalah biasakanlan membersihkan seluruh permukaan mesin cuci setelah Anda mencuci. Bersihkan seluruh permukaan dari sisa-sisa detrjen dan kkotoran yang menempel. Gunakanlah lap yang meyerap air agar permukaan menjadi kering dan bersih.
  2. Gunakanlah detergen sesuai dengan mesin cuci dan sesuai takaran dan gunakanlah detergen dengan pewangi agar tabung mesin cuci tidak bau. Langkah berikut dalam merawat mesin cuci adalah gunakanlah deterjen sesuai dengan takaran, dan gunakan deterjen yang memang khusus buat mesin cuci. Ada baiknya gunakanlah deterjen dengan pewangi agar tabung mesin cuci Anda tidak bau dan bersih. Kelebiahn menggunakan deterjen pun dapat merusak mesin cuci dan membuat endapan pada saluran pembuangan.
  3. Periksalah saluran pembuangan dari sumbatan dan endapan kotoran. Langkah berikutnya dalam merawat mesin cuci adalah periksalah saluran pembuangan dari endapan dan kotoran. Terkadang pakaian Anda dapat menyumbat saluran pembuangan mesin cuci. Banyak kasus saluran pembuangan tersumbat oleh kaus kaki ataupun pakaian kaus dalam si kecil.
  4. Periksalah kabel power dari kerusakan. Langkah berikutnya adalah periksalah kabel power mesin cuci Anda. Terkadang tanpa Anda sadari kabel power mesin cuci Anda rusak akibat dari gigitan tikus. Sebab jika kabel power terkena gigitan tikus dapat berisiko terhadap hubungan pendek listrik, atau yang berbahaya dapat menyebabkan Anda tersetrum.
  5. Jangan melebihi kapasitas cuci saat mencuci dan membilas. LAngkah selanjutnya dalam merawat mesin cuci adalah biasakanlah mencuci sesuai dengan kapasitas mesin cuci. Jika kapasitas mesin cuci Anda 7 kg, maka cucilah pakaian kurang dari 7 kg. Begitu pula dengan tabung pengering, jangan sampai melebihi kapasitas. Sebab dapat merusak mesin pengering jika melebihi kapasitas.

Itulah 5 langkah mudah dalam merawat dan membersihkan mesin cuci di rumah. Semoga bermanfaat !

Info Menarik Lain:

  • Belum Ada Info Menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *