6 Cara Mudah Mencuci Baju Batik

By | January 4, 2018

cara mudah merawat batik tokocuteBatik yang merupakan warisan leluhur nenek moyang negeri ini sudah terkenal hingga penjuru dunia. Batik yang merupakan kain bergambar yang dibuat khusus dengan cara ditulis ataupun di cap dan di proses dengan cara khusus pula sehingga menjadi sesuatu yang khas dan unik serta memiliki nilai budaya yang tinggi.

Saat ini batik tidak hanya berbentuk kain panjang atau kain yang tersimpan saja seperti masa nenek kita dahulu. Sekarang Batik sudah menjadi tren berpakaian dan tren dalam kehidupan modern. Batik telah memasuki masa penyesuaian dengan pakaian modern saat ini.

Sekilas sejarah Batik di Indonesia

Sejarah batik di Indonesia sangat terkait erat dengan perkembangan Kerajaan Majapahit masa itu dan penyebaran ajaran Islam di Pulau Jawa. Di dalam beberapa catatan, pengembangan batik banyak dilakukan pada zaman Kesultanan Mataram, lalu berlanjut pada zaman Kasunanan Surakarta dan Kesultanan Yogyakarta.

cara mencuci batik yang benar toko cute

Batik ada semenjak jaman Majapahit

Kesenian batik di tanah air telah dikenal sejak jaman Majapahit dan terus berkembang sampai kerajaan-kerajaan setelahnya beserta raja-rajanya. Batik secara umum meluas di Indonesia dan secara khusus di pulau Jawa setelah akhir abad ke-18 atau awal abad ke-19.

Teknik batik sudah dikenal manusia lebih dari 1000 tahun yang lampau

Dan untuk teknik batik sendiri telah diketahui lebih dari 1.000 tahun, menurut sejarah kemungkinan berasal dari Mesir kuno atau Sumeria. Teknik batik meluas di beberapa negara di Afrika Barat seperti Nigeria, Kamerun, dan Mali, serta di Asia, seperti India, Sri Lanka, Bangladesh, Iran, Thailand, Malaysia dan Indonesia.

cara merawat baju batik tokocuteinfo

Batik tidak lagi didominasi pakaian nenek-nenek

Batik saat ini tidak lagi didominasi pada pakaian seorang nenek tua, namun Batik sudah banyak digunakan pada pakaian orang dewasa dan anak, pakaian sehari-hari hingga pakaian pesta. Telah terjadi perubahan dari kesan tua yang kampungan menjadi kesan modern yang indah dan mewah.

Batik perlu dirawat agar awet dan tahan lama

Namun di balik sederhananya sebuah Batik, Anda wajib tahu bagaimana cara merawatnya agar batik awet dan tahan lama. Khususnya untuk Anda para kolektor Batik yang bernilai tinggi. Dan juga untuk Anda yang memiliki batik yang berkualitas bagus, baik itu batik cap ataupun batik tulis.

Berbeda dengan baju batik murah yang banyak dipasaran banyak yang menyebutnya Batik made in china. Anda tidak perlu susah payah merawatnya.

cara merawat kain batik yang benar tokocute

Inilah cara mncuci batik yang benar

Untuk menjawab bagaimana cara merawat batik dengan mudah, berikut adalah cara sederhana dalam merawat Batik dengan mudah di rumah :

  1. Pisahkan Batik dengan cucian lainnya. Pisahkanlah cucian batik Anda dengan cucian lainnya. Karena pakaian lain dapat terkena residu sisa pemrosesan batik. Mencampur juga dapat mengakibatkan pakain Anda yang lain terkena lunturan batik Anda. Tentu Anda tidak menginginkan hal tersebut bukan?
  2. Gunakan deterjen ringan atau sedikit deterjen. Untuk cucian pertama hingga ketiga gunakanlah sedikit deterjen agar tidak merusak serat kain, corak dan warna. Anda dapat juga membeli bahan khusus untuk mencuci batik Anda yang banyak dijual di toko batik.
  3. Jangan digilas ataupun diperas keras. Jangan sekali-kali menggilas dan memeras batik dengan keras karena akan merusak serat kain. Batik pun akan terlihat keriting dan bergelombang saat kering nanti.
  4. Balik pakaian saat menjemur. Baliklah Batik Anda saat menjemur ini bertujuan agar warna batik tetap seperti awalnya.
  5. Jemurlah ditempat yang tidak terkena matahari langsung. Menjemur batik di tempat teduh yang tidak terkena matahari langsung akan menjadikan warna tetap awet.
  6. Hindari pemakaian pemutih. Jangan sekali-kali menggunakan pemutih pakaian pada batik Anda karena akan merusak corak dan warna

Itulah 6 cara mudah mencuci batik Anda. Semoga bermanfaat !

Info Menarik Lain:

  • Belum Ada Info Menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *