6 Cara Mudah Mencuci Sajadah Di Rumah

By | June 4, 2017

sajadah toko cute 2017Dibulan Ramadhan yang suci ini kebersihan alat sholat menjadi sebuah keutamaan karena hampir setiap saat digunakan. Apalagi Anda melaksanakan sholat tarawih di lapangan terbuka yang semakin cepat alat sholat Anda lekas kotor, terutama sajadah yang bersentuhan langsung dengan tanah lapang atau ruang terbuka.

Belum lagi keringat dari tubuh Anda karena suasana yang sesak dan padat sehingga alat sholat lekas kotor terutama mukena pada bian wajah dan baju koko putih pada bagian leher dalam.

Semakin banyak digunakan maka semakin cepat kotor mukena dan sajadah Anda

Untuk menjada agar tetap selalu bersih Anda harus lebih sering mencuci perlengkapan sholat Anda. Cucilah mukena dan sajadah dua hari sekali agar perlengkapan sholat Anda terjaga kebersihan dan kesuciannya.

sajadah toko cute 2017

Mencuci sajadah itu mudah yang berat itu rasa malas Anda

Untuk mencuci sajadah tidaklah sulit dan berat, namun yang berat adalah rasa malas Anda sehingga sajadah kotor tanpa ada solusi yang tepat.

Cucilah sendiri dengan tangan Anda untuk menunjukan Anda seorang hamba yang taat

Sebenarnya di jaman telah modern dan serba instan, Anda tinggal membawa ke jasa binatu (laundry) semua mudah dan murah. Anda tidak perlu repot dan pusing. Namun dimana tanggung jawab Anda dan usaha Anda untuk membersihkan peralatan yang digunakan untuk menghadap Tuhan Semesta Alam.

sajadah toko cute 2017 new

Inilah cara mencuci sajadah dengan mudah di rumah

Oleh karena itu luangkan waktu sesaat untuk melakukan tugas tersebut. Dan berikut adalah cara mencuci sajadah dengan mudah di rumah tanpa harus keluar biaya yang besar :

  1. Pisahkan sajadah dari pakaian lain dan pisahkan sajadah sesuai bahan. Pisahkanlah sajadah Anda dari pakaian kotr Anda dan pisahkan juga sajadah menurut bahan jika Anda memiliki lebih dari 2 sajadah di rumah. Hal ini agar sajadah Anda tidak terkontaminasi kotoran dari pakaian dan untuk menentukan langkah berikutnya dalam perendaman.
  2. Rendam sajadah dengan air deterjen hingga 30 menit. Rendamlah sajadah Anda dengan air deterjen hingga 30 menit. Jangan terlalu lama karena dapat merusak bulu-bulu pada sajadah Anda. Gunakanlah deterjen yang lembut agar nanti bulu-bulu pada sajadah tetap lembut saat sajadah kering dan siap digunakan kembali.
  3. Kucek sajadah dengan tangan, dan sikat dengan lembut untuk noda membandel. Setelah direndam langkah berikutnya adalah mengucek sajadah dengan tangan agar kotoran dan debu hilang seketika. Jika ada noda dari sisa makanan ataupun lainnya dapat disikat dengan lembut menggunakan sikat pakaian.
  4. Bilas sajadah dengan air bersih, jangan di peras terlalu keras. Setelah dirasa sudah bersih langkah berikutnya adalah segera dibilas dengan air bersih agar kotoran hilang. Jangan diperas keras karena sakadah akan kusut dan bulu-bulu sajadah rusak. Ada baiknya tidak di peras dan langsung di jemur.
  5. Jemur dalam keadaan menghampar atau gantung dan hindari matahari langsung. Setelah di dibilas langkah berikutnya adalah proses penjemuran, baiknya di hamparkan pada jemuran besi dan hindari sinar matahari langsung agar sajadah lebih awet dan warna tidak pudar.
  6. Sajadah siap digunakan kembali. Setelah kering angkat dan sajadah Anda siap digunakan kembali.

Itulah 6 cara mencuci sajadah dengan mudah dan murah di rumah. Semoga bermanfaat

Info Menarik Lain:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *