6 Cara Sederhana Mencuci Mukena

By | May 25, 2017

mukena toko cuteKabar gembira buat kita semua. Bulan suci ramadhan sesaat lagi tiba, semua orang berlomba-lomba melakukan aktifitas ibadah lebih dari biasanya. Hingga salat yang tidak ada di bulan lain yaitu salat tarawih di kerjakan dengan sebaik mungkin.

Baik itu kaum laki-laki ataupun perempuan, semua meningkatkan aktifitas ibadahnya untuk mengisi bulan suci ramadhan. Kegiatan keagamaan pun meningkat dari segala sisi, mulai dari pengajian hingga buka bersama. Sumbangan sosial hingga santunan ayak yatim piatu. Kesemuanya muncul kembang di bulan ramadhan ini.

Seringnya digunakan di ramadhan membuat mukena lekas kotor 

Bagi kaum perempuan yang biasa menggunakan mukena kali lima sehari untuk salat, di bulan suci ini pastinya menggunakan hingga berkali-kali. Dan tentunya semakin banyak digunakan maka harus segera di cuci untuk kesucian dan keabsahan dalam beribadah. Janganlah menggunakan mukena yang sebulan tidak di cuci.

Rajinlah mengganti mukena agar khusuk dalam beribadah

Wahai kaum perempuan segera cuci mukena minimal dua hari sekali untuk mendapatkan nilai yang baik dalam beribadah. Karena selain merusak sahnya ibadah karena mukena terkena najis. mukena pun semakin sering digunakan maka semakin lekas kotor karena noda ataupun debu yang menempel.

Mencuci mukena sebenarnya mudah dan mudah

Sebenarnya mencuci mukena itu mudah-mudah sulit, yang terpenting Anda niat melakukannya dan mau mengerjakannya. Jika Anda malas dan malas, ada baiknya bawa ke jasa binatu kiloan maka semua selesai dalam sehari. Namun hal tersebut tidak ada nilai ibadahnya karena rasa malas Anda.

mukena toko cute

Mukena Anda yang menggunaknnya maka cucilah agar bersih dan sah digunakan dalam ibadah. Lalu menjadi pertanyaan bagaimana cara mencuci mukena sendiri dengan mudah.

Berikut adalah cara sederhana dan mudah mencuci mukena

Berikut adalah cara mudah mencuci mukena sendiri di rumah :

  1. Pisahkan mukena. Pisahkanlah mukena Anda dari pakaian lain dan juga pisahkan antara mukena yang putih dan berwarna. Hal ini di lakukan agar mukena tidak terkena noda pakaian lain atau terkena lunturan bahan lainnya. Dan juga agar mukena warna Anda terhindar dari warna yang pudar karena bahan pemutih pakaian.
  2. Bersihkan noda terlebih dahulu. Setelah dipisahkan dari pakain lain dan dipisah desuai warna, langkah berikutnya adalah mengucek terlebih dahulu bagian penutup wajah dengan deterjen. Karena noda banyak di bagian wajah mukena, akibat kosmetik ataupun kotoran / debu wajah yang menempel di mukena. Kucek perlahan dengan air sedikit deterjen, ulangi hingga yakin bersih.
  3. Rendam seluruh mukena. Setelah bagian wajah diyakini telah bersih langkah selanjutnya adalah merendam mukena secara keseluruhan dengan air deterjen selama 1/2 jam. Hal ini agar kotoran di bagian serat kain dan bagian yang tidak terlihat menjadi bersih kembali. Untuk mukena warna putih ada baiknya ditambahkan sedikit pemutih pakaian untuk menjadikan mukena tetap putih berkilau.
  4. Kucek seluruh mukena perlahan. Langkah berikutnya adalah kucek seluruh bagian mukena dengan perlahan menggunakan air deterjen rendaman. Ulangi hingga benar-benar bersih dan Anda yakin telah bersih.
  5. Bilas mukena dengan bersih. Lalu selanjutnya adalah bilaslah mukena hingga bersih dan jangan diperas terlalu kuat. Bilas dengan menggunakan air bersih dan ada baiknya dengan air bersih yang mengalir.
  6. Mukena siap dijemur. Langkah terakhir adalah jemur mukena hingga kering dan mukena siap dipakai kembali. Cara menjemurnya adalah dengan cara menggantungkan pada gantungan pakaian agar mukena tidak kusut atau lecek.

mukena by toko cute

Itulah 6 cara sederhana dan mudah mencuci mukena sendiri. Selamat menunaikan ibadah puasa !

Info Menarik Lain:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *