6 Cara Sederhana Merawat Botol Susu Bayi Dan Dot

By | July 21, 2016

botol susu bayi toko cuteBotol susu bayi dan dot adalah pasangan yang tidak dapat dipisahkan begitu saja. Sesaat saja Anda pisahkan, menangislah bayi Anda saat itu juga. Karena botol susu bayi dan dot adalah sebuah pasangan yang tidak dapat dipisahkan. Maka perawatan botol susu bayi tidak dapat dipisahkan dengan perawatan dot.

Botol dan dot adalah benda yang langsung bersentuhan dengan bayi, pastilah botol dan dot sangat rentan terhadap penyebab penyakit pada bayi. Salah satu yang umum penyakit yang diakibatkan botol dan dot adalah penyakit diare pada bayi.

Salah merawat berdampak pada kesehatan Bayi

Semua karena botol dan dot yang kotor atau salah dalam perawatan banyak ditinggali bakteri kemudian bakteri tersebut masuk ke mulut bayi dan mengakibatkan bayi terkena penyakit. Jadi botol dan dot menjadi faktor dalam kesehatan bayi.

kebersihan botol terhadap kesehatan

Perhatikan selalu kebersihan botol

Oleh karena itu ada baiknya si ibu memperhatikan kebersihan botol susu dan dot bayi. Untuk menjaga kebersihan botol susu dan dot bayi ada baiknya Anda merawat botol susu dan dot bayi dengan baik dan benar.

cara merawat botol susu bayi - tokocute

Cara merawat botol susu dan dot bayi

Bagaimana cara merawat botol susu bayi dan dot secara baik dan benar. Berikut adalah 6 cara sederhana merawat botol susu bayi dan dot.

  1. Cuci tangan sebelum mencuci. Cucilah tangan Anda sebelum mencuci botol susu bayi dan dot, begitu juga ketika mengambil atau memberikan boto susu dan dot tersebut ke bayi Anda. Cucilah tangan Anda dengan menggunakan sabun khusus pencuci tangan atau bisa juga dengan sabun antiseptik mandi untuk menjaga higenitas. Karena ketika tangan Anda kotor secara tidak langsung akan menularkan bakteri penyebab penyakit ke bayi Anda.
  2. Cuci menggunakan sabun khusus. Cuci botol susu dan dot bayi Anda dengan sabun khusus pencuci botol susu yang banyak beredar di pasaran. Gunakanlah sabun cuci botol susu yang aman bagi makanan, biasanya dengan kode food grade sehingga aman bagi bayi Anda. Jangan sekali-kali mencuci dengan bahan kimia pembersih atau deterjen.
  3. Pakailah sikat khusus. Gunakan sikat botol untuk membersihkan endapan susu yang melekat sehingga semua lemak bekas susu akan terangkat dan botol susu Anda menjadi bersih. Sikat botol juga digunakan untuk membersihkan ulir penutup botol yang biasanya menempel kerak sisa susu. Bersihkan juga dot Anda hingga bagian dalam untuk menjamin tidak ada bekas susu yang tersisa.
  4. Cuci pada air yang mengalir. Cuci di air yang mengalir seperti pada diskwashing dan bilas dengan bersih agar sisa bahan pencuci larut dengan air dan hilang. Kemudian tiriskan sisa airnya hingga botol dan dot kering.
  5. Lakukan sterilisasi. Lakukan sterilisasi botol susu dan dot dengan memasaknya di air mendidih. Ini merupakan proses sterilisasi secara sederhana dan mudah dilakukan Anda. Setelah cukup mendidih diamkanlah didalam panci hingga air menjadi dingin. Biarkanlah panci tertutup rapat agar botol aman dari debu dan kotoran. Lakukan setiap hari agar botol menjadi steril dan aman buat bayi Anda.
  6. Simpan di tempat aman. Simpanlah di tempat tertutup hingga digunakan untuk bayi Anda. Angkatlah dari panci dan simpanlah di tempat tertutup hingga siap untuk digunakan buat bayi Anda.

Itulah 6 cara sederhana merawat botol susu bayi dan dot, bagaimana dengan Anda !

Info Menarik Lain:

  • Belum Ada Info Menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *