6 Cara Sederhana Merawat Poci Teh

By | October 29, 2016

cara merawat poci tehSiapa yang tidak tahu teh poci? Hampir semua masyarakat negeri ini mengetahui teh poci, apalagi bagi etnis jawa khususnya jawa tengah, sudahlah tentu mengenal teh poci. Poci atau teko adalah sebuah tempat untuk menyeduh daun teh atau minuman herbal lainnya.

Umumnya di jaman modern poci digunakan untuk menyeduh daun teh olahan atau teh celup. Sehingga meminum teh menjadi lebih mudah dan bernilai seni.

Poci teh umumnya terbuat dari porselen atau tanah liat.

Poci atau teh terbuat dari berbagai macam bahan, umumnya terbuat dari porselen atau keramik dan tanah liat bakar. Poci yang terbuat dari porselen jauh lebih mahal daripada yang terbuat dari tanah liat. Untuk tetap menjaga kualitas teh seduh dalam poci perlu diperhatikan bagaimana cara merawat poci tersebut. Cara perawatan pun menjadi berbeda untuk bahan poci yang berbeda.

Untuk menjaga kualitas teh, poci teh harus dirawat dengan baik

Perawatan poci dilakukan agar kualitas poci selalu terjaga, dan kualitas teh yang diseduh tetap bernilai tinggi. Poci yang tidak terawat menjadikan poci bau apek dan hasil seduhan menjadi tidak sedap.

suasana kebun teh

Cara sederhana merawat poci teh

Berikut adalah cara merawat poci agar tetap berkualitas :

  1. Perhatikan bahan baku. Bahan pembuat poci yang berbeda dan harga yang berbeda perlu diperhatikan dalam merawat poci. Biasanya poci yang mahal terbuat dari porselen. Hingga yang termurah terbuat dari sejenis plastik atau akrilik. Ini adalah langkah awal bagaimana merawat poci teh.
  2. Alat pembersih. Dalam merawat poci perhatikan juga alat yang digunakan untuk membersihkan. Untuk membersihkan poci teh dapat digunakan sikat botol susu bayi yang kecil, sehingga dapat membersihkan lubang (pipa) pada poci tersebut. Untuk bagian luar dapat menggunakan spon cuci.
  3. Jangan gunakan detergen wangi. Hindari menggunakan detergen wangi, sebab akan merubah cita rasa teh yang di seduh. Maksud ingin poci wangi ternyata rasa teh dapat berubah. Gunakanlah detergen yang aman bagi makanan (food grade). Detergen pun sedikit saja dan dicampur dengan air.
  4. Gunakan soda kue. Untuk noda membandel atau noda kecoklatan yang pekat pada poci porselen, semua dapat bersih kembali dengan menggunakan soda kue. Oleskan soda kue, diamkan sesaat kemudian bilas dengan air bersih.
  5. Teknik rebus buang. Untuk poci berbahan dasar tanah liat dapat dilakukan dengan cara menyeduh daun teh diamkan hingga dingin kemudian buang. Ulangi beberapa kali hingga poci tidak berbau apek.
  6. Simpanlah di tempat yang bersih dan kering. Simpan poci kesayangan Anda di tempat yang kering dan bersih, jauhkan dari benda yang berbau tajam seperti kamper atau pewangi lemari.

Itulah 6 cara merawat poci teh sehingga awet digunakan dan selalu menghasilkan teh dengan aroma yang wangi dan segar. senoga bermanfaat !

suasana minum teh poci tokocute

Menjual aneka poci teh yang unik dan lucu

Toko cute menjual aneka poci teh lucu dan unik dengan harga yang murah dan bersaing. Anda tinggal memilih model kemudian transfer, dan barang pun segera dikirim dengan aman dan cepat.

Info Menarik Lain:

  • Belum Ada Info Menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *