6 Cara Sederhana Merawat Rice Cooker

By | December 1, 2016

cara merawat rice cooker tokocuteSekarang jamannya menggunakan teknologi tinggi, dan teknologi itu pun merambah hingga dunia masak memasak. Saat ini tidak ada lagi yang memasak menggunakan kayu bakar, kecuali di desa ataupun saat darurat. Hampir semua orang memasak menggunakan kompor gas ataupun kompor listrik.

Begitu pula dengan memasak nasi, hampir semua orang mengenal namanya rice cooker atau penanak nasi elektronik. Hanya dengan memasukan beras dan air kemudian tekan beberapa saat kemudian nasi masak. Semua begitu mudah, sederhana dan cepat.

Rice cooker sudah merambah desa dan kota

Terlepas dari kabar aman atau tidaknya bagi kesehatan manusia, rice cooker sudah merambah hingga pedesaan dan perkampungan. Bisa dilihat dari banyak pekerja kota yang pulang ke kampung dengan membawa rice cooker untuk keluarga di sana. Sehingga rice cooker dikenal hingga pelosok desa dan kampung. Semua bisa asal ada aliran listrik dan sampai kini semua orang sudah menggunakan rice cooker.

cara mudah merawat rice cooker

Perawatan rice cooker menentukan keawetan

Sudah pasti rice cooker digunakan setiap hari, dengan berjalannya waktu  rice cooker dapat mengalami penurunan kualitas ataupun masa pakainya. Dan ketika rice cooker tidak dirawat dengan baik. Sebagai contoh salah satu produsen rice cooker menjamin masa pakai bisa mencapai 5 tahun, karena tidak dirawat oleh pemiliknya masa pakai hanya beberapa bulan saja rice cooker sudah rusak.

Inilah sebenarnya cara gampang merawat rice cooker

Jadi rawatlah rice cooker Anda agar awet digunakan dan nasi yang dihasilkan tetap enak. Lalu bagaimana cara mudah merawat rice cooker di rumah. Berikut adalah cara sederhana dan murah merawat rice cooker :

  1. Hindari mencuci beras pada panci bawaannya. Ini memang hal sepele bagi semua orang, akan tetapi jika diperhatikan dengan detil ketika Anda mencuci beras menggunakan panci bawaan bisa merusak lapisan anti lengket pada panci tersebut. Dan berakibat tidak meratanya panas ataupun menjadikan panci menjadi lengket dengan nasi. Memang mudah jika mencuci beras dengan panci bawaan. Saat ini ada baiknya mencuci beras dengan panci lain atau keranjang mencuci beras yang banyak dijual di pasar.
  2. Jangan meletakan benda diatas rice cooker. Terkadang Anda lupa ketika sedang menanak nasi menggunakan rice cooker, tanpa Anda sadari Anda meletakan lap dapur diatas rice cooker. Ini sangat berbahaya bagi rice cooker, karena hawa panas tidak dapat keluar dan menjadikan nasi benyek atau basah. Kalau terlalu lama dibiasakan dapat merusak atau mengurangi umur rice cooker Anda.
  3. Jauhkan dari sumber api dan panas. Jangan meletakkan rice cooker di dekat kompor ataupun lamari es, karena dapat mempengaruhi mesin rice cooker. Ini juga untuk menghindari rusaknya body rice cooker karena panas dari kompor ataupun panas dari lemari es.
  4. Jangan terlalu lama membuka tutup rice cooker. Hindari terlalu lama membuka tutupnya, sebab membuka terlalu lama dapat merusak elemet panas pada rice cooker. Ada baiknya setelah mengambil nasi segera menutupnya. Ini juga untuk menjaga kualitas nasi didalamnya agar tetap enak dan hangat.
  5. Masaklah sesuai kapasitas. Masaklah nasi sesuai kapasitas, jangan terlampau sedikit atau terlalu banyak hingga rice cooker menjadi penuh sesak. Jika terlalu penuh air dapat keluar dan mambasahi mesih atau menjadikan arus pendek pada rice cooker. Terlampau sedikitpun dapat menjadikan nasi hangus dan membuat bau hangus pada rice cooker
  6. Rutin untuk membersihkan seluruh bagian. Dan hal yang sederhana dan penting adalah rajinlah untuk membersihkan rice cooker pada seluruh permukaan dan bagian dalam agar rice cooker selalu awet. Bersihkan sisa-sisa nasi yang kering pada tutup atau bagian dalam. Bersihkan pula kerak nasi pada bagian luar. Rawatlah dengan senang hati agar rice cooker selalu awet.

cara sederhana merawat rice cooker

Itulah informasi dari tokocute tentang cara mudah dan murah merawat rice cooker di rumah Anda. Jika rice cooker Anda sudah bermasalah besar seperti, lampu indikator yang mati, karet tutup yang rusak ataupun ada suara aneh, segera hubung service center (jika masih bergaransi) atau bawa ke teknisi berpengalaman agar Anda terhindar dari bahaya kebakaran akibat rice cooker yang terbakar.

Semoga bermanfaat

Info Menarik Lain:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *