6 Penyebab Laptop Mati Mendadak Dan Cara Mengatasinya

By | August 9, 2016

aksesoris notebook toko cuteLaptop atau notebook sudah menjadi teman setiap penjual atau pemilik toko online, bentuknya yang ramping dan simpel sehingga memudahkan untuk dibawa kemana-mana. Walaupun saat ini tablet hampir merajai seluruh toko komputer dan eletronik. Akan tetapi notebook / netbook tetap menjadi idola sebagian orang khususnya pelaku jualana online.

Mungkin karena memiliki jutaan fungsi dan kelebihan dibanding dengan tablet. Apalagi bagi penjual online atau pemilik toko online yang menginginkan mobilitas tinggi. Dimana saja dan kapan saja dapat mengelola toko online tersebut.

Notebook Menjadi Kebutuhan Sendiri

Mobilitas yang tinggi itu menjadikan penjual toko online menggunakan notebook setiap saat. Di rumah, di dalam kendaraan ataupun diwaktu senggang. Tetapi bagaimana jika saat mendesak selagi membuka notebook tiba-tiba notebook atau laptop mati total.

penyebab laptop mati mendadak

Pastilah berjuta rasa kesal menjadi satu, pasti Anda tidak menginginkan hal tersebut. Sebelum kejadian laptop mati mendadak ada baiknya Anda mengetahui apa saja penyebab yang menjadikan notebook atau laptop mati mendadak.

Penyebab Umum Notebook / Laptop Mati Mendadak

Berikut adalah 6 penyebab umum yang menjadikan laptop mati mendadak dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Jadi Anda tidak perlu untuk memanggil teknisi panggilan dan mengeluarkan uang. Cobalah belajar untuk mengatasi sendiri.

  1. Panas berlebih. Panas berlebih di dalam body atau ruangan laptop menjadi penyebab yang sering pada sebuah laptop. Karena produsen sudah membuat sistem ketika panas berlebih mesin dapat mati, karena secara elektronik ketika panas yang amat berlebih akan memutuskan aliran listrik sehingga menjadikan komponen utama tidak terbakar atau aman. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan meja yang terdapat kipas atau fan yang akan membantu membuang aliran panas cepat keluar dari laptop. Dan hindarkan meletakkan laptop diatas kasur karpet ataupun bahan yang lembut, karena akan menutup lubang pembuangan panas.
  2. Memori bermasalah. Salah satu yang umum adalah RAM yang bermasalah, RAM yang tidak terkoneksi dengan sempurna atau RAM yang kotor atau rusak akan menjadikan laptop mati seketika, karena semua perintah tersimpan di RAM, ketika RAM bermasalah laptop tidak berjalan dengan semestinya. Dan ini berakibat notebook mati mendadak atau restart. Cara mengatasi RAM yang bermasalah adalah dengan mencopot RAM dari notebook kemudian bersihkan ujung-ujung kuningan dengan karet penghapus perlahan-lahan. Ketika ujung kuningan kembali bersih koneksi RAM ke mainboard akan normal kembali.
  3. Prosesor terlalu panas. Salah satu penyebab notebook mati adalah prosesor yang terlalu panas karena bekerja keras. Biasanya panas yang berlebih akan membuat kering pasta di prosesor. Sehingga prosesor tidak dapat membuang aliran panas yang berlebih. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti atau menambah pasta pada prosesor. Jika Anda tidak bisa minta bantulah teman atau saudara yang bisa. Pasta untuk prosesor dapat ditemukan di toko toko komputer terdekat.
  4. Banyak Debu. Semakin hari debu akan bertambah dan menutup lubang pembuangan. Karena lubang pembuangan tidak lancar, maka aliran panas yang keluar dari laptop tidak lancar. Itu juga yang mengakibatkan laptop mati mendadak. Cara mengatasinya adalah dengan rajin membersihkan lubang lubang di notebook terutama lubang pembuangan panas. Gunakanlah kuas kering dan basuhlah perlahan hingga kotoran atau debu hilang.
  5. Mainboard masalah. Dan satu lagi penyebab notebook atau laptop mati mendadak adalah rusaknya mainboard atau motherboard. Ini adalah kerusakan terparah dan kerusakan paling mahal. Cara mengatasinya dengan membawa ke service center atau teknisi notebbok dan tentunya mengganti mainboard yang lumayan mahal.
  6. OS bermasalah. Salah satu penyebab juga adalah OS yang bermasalah, akibat file korup ataupun virus yang menyerang. Cara mengatasinya yang mudah adalah instal ulang OS akan tetapi jika salah langkah ini dapat berakibat hilangnya semua data yang ada. Untuk itu ada baiknya data selalu di backup dan ketika OS bermasalah dengan mudah dapat di instal ulang. Cara lain adalah dengan memasang software antivirus, sehingga notebook atau laptop Anda bebas dari virus dan program jahat lainnya. Sehingga tidak was-was notebook mati mendadak.

penyebab notebook mati mendadak

Itulah penyebab umum yang mengakibatkan notebook atau laptop mati mendadak dan bagaimana cara menanggulangi hal tersebut. Semoga bermanfaat !

Info Menarik Lain:

  • Belum Ada Info Menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *