7 Cara Mudah Menguras Akuarium Yang Benar

By | June 29, 2018

Rasa tenang pasti akan muncul ketika Anda memandang ikan hias yang indah di dalam akuarium. Ditambah lagi dengan gemericik suara air yang keluar dan aneka gelembung yang bermunculan ke permukaan air. Semua rasa indah dan ketenangan bersatu dengan rasa kagum akan keindahan alam.

Suasana alam bebas yang sedikit terwakili oleh sebuah akuarium ikan hias membawa Anda pada suasana sebenarnya yang memang ada dan jauh entah dimana. Suasana lautan pun sedikit tergambarkan pada sebuah akurium lengkap dengan ikan dan segala aksesorisnya.

Akuarium adalah rumah bagi ikan hias Anda 

Akuarium adalah sebuah rumah bagi ikan-ikan hias kesayangan Anda. Akuarium sebagai rumah ikan hias haruslah dirawat agar si penghuni betah dan tidak mati begitu saja. Materi dasar di dalam akuarium adalah air, air sebagai sumber kehidupan bagi ikan hias Anda. Jika airnya kotor makan akuarium akan menjadi kotor dan selanjutnya ikan Anda akan mati sia-sia karena kecerobohan Anda.

Air sebagai sumber kehidupan ikan haruslah dirawat

Air juga sebagai masupan makan dan energi buat ikan-ikan untuk tumbuh kembang. Jadi Anda wajib merawat air dalam akuarium tersebut. Berbeda dengan Anda ketika menggunakan filter akuarium yang bagus, mungkin acara menguras secara total akuarium tidak ada dalam kegiatan Anda. Yang ada hanyalah menambah airnya saja. Ada atau tidak adanya filter yang canggih dan bagus. Tetap saja menguras akuarium adalah hal yang memang harus dilakukan untuk menjaga akuarium tetap sehat.

Filter bagus tidak menjamin akuarium tidak dikuras sama sekali

Namun sebagus-bagusnya filter yang Anda gunakan tetap saja sewaktu-waktu dapat terjadi filter tersumbat atau rusak. Sehingga tetap saja Anda harus menguras total akuarium kesayangan Anda. Mendengar kata menguras akuarium pastinya Anda malas untuk melakukannya.

Menguras akuarium sangatlah mudah

Namun sebenarnya menguras akuarium itu sangatlah mudah dan murah. Semua kembali kepada kecintaan Anda pada akuarium kesayangan Anda tersebut. Jika Anda senang dengan akuarium dan ikannya maka Anda juga hrus siap menguras akuarium tersebut.

Inilah cara mudah menguras akuarium sendiri

Menguras akuarium sebenarnya amat mudah asalkan Anda tahu prosesnya satu per satu. Dan berikut adalah langkah mudah menguras akuarium sendiri di rumah :

  1. Pindahkan sebagian air akuarium ke wadah baru. Langkah pertama menguras akuarium adalah dengan memindahkan sebagian, minimal setengah dari akuarium ke wadah yang baru, semisal ke ember atau bak cucian yang bersih.
  2. Pindahkan semua ikan ke wadah yang baru. Langkah selanjutnya adalah dengan memindahkan seluruh ikan yang ada ke wadah tempat yang sebelumnya diisi oleh air dari akuarium. Hal ini agar ikan tidak kaget atau stres di tempat atau air yang baru. Gunakanlah saringan atau serokan ikan untuk memindahkan seluruh ikan yang ada.
  3. Angkat filter dan aksesoris lainnya. Setelah akuarium tanpa adanya  ikan, langkah berikutnya adalah mengeluarkan seluruh aksesoris dan filter akuarium yang ada. Bersihkan seluruh aksesoris atau batu-batuan dengan air dari akuarium yang sebelumnya di pindah ke tempat yang baru.
  4. Bersihkan seluruh permukaan kaca akuarium. Setelah seluruh aksesoris dan filter tidak ada, langkah selanjutnya adalah dengan membersihkan seluruh permukaan kaca agar bersih dari lumut, kotoran, hingga bercak noda. Gunakanlah spon pembersih akuarium atau Anda dapat juga menggunakan spon cucian piring. Setelah bersih bilas dengan air bersih dan keringkan atau lap dengan bersih.
  5. Tambahkan air baru ke akuarium. Langkah selanjutnya adalah dengan memberikan air baru ke dalam akuarium 1/3 hingga 1/2 dari ukuran akuarium. Gunakanlah air PAM yang telah didiamkan 24 jam agar menetralkan zat-zat berbahaya dari air PAM yang dapat membunuh ikan hias Anda.
  6. Pasang kembali filter dan seluruh aksesoris. Langkah selanjutnya adalah pasang kembali seluruh aksesoris yang ada dan filter. Nyalakan selama 3-4 jam semua mesin yang ada di dalam akuarium. Agar air dalam akuarium menjadi netral dan banyak mengandung oksigen. Setelah itu dapat diberikan garam akuarium untuk membunuh jamur dan parasit lainnya.
  7. Masukan kembali ikan ke dalam akurium. Setelah langkah diatas semua selesai Anda kerjakan, langkah terakhir adalah dengan memasukan kembali ikan ke dalam akuarium Anda.

Itulah 7 langkah mudah dalam menguras akuarium di rumah sesuai dengan pengalaman pribadi. Selamat mencoba semoga bermanfaat ! Jika ada tambahan atau bantahan silahkan untuk berkomentar dengan sopan,  baik dan benar.

Info Menarik Lain:

  • Belum Ada Info Menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *