Jenis-Jenis Lampu LED Secara Umum

By | October 8, 2017

jenis jenis lampu ledLampu LED tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Semua peralatan elektronik ataupun peralatan rumah tangga sudah banyak menggunakan lampu LED. Sebab selain mengikuti perkembangan jaman, penggunaan lampu LED juga sangat menguntungkan bagi Anda

Mau tidak mau lampu LED adalah teknologi lampu terbaru, sehingga semua peralatan yang baru-baru menggunakan lampu LED. Dan tentunya para produsen barang elektronik menggunakan teknologi tersebut.

Pengertian LED

Anda mungkin bertanya-tanya apa sih lampu LED itu dan sebenarnya LED itu apa. Diambil dari beberapa sumber, LED (Light Emitting Diode) adalah sebuah komponen elektronik yang dapat memancarkan cahaya monokromatik melalui tegangan maju. Dan LED terbuat dari bahan semi konduktor yang merupakan keluarga dioda. Banyak ditemui LED berwarna-warni, karena LED dapat memancarkan berbagai warna, tergantung dari bahan semikonduktor yang digunakan. LED juga dapat memancarkan cahaya inframerah yang kasat mata, seperti pada remote TV.

jenis lampu led yang umum

Jenis-jenis lampu LED

Setelah mengetahui LED itu apa secara teknik. Sekarang ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis lampu LED. Sebenarnya lampu LED memiliki ragam jenis, berdasarkan bentuk, fungsi hingga warna. Menurut bentuk lampu LED memiliki ragam jenis. Dan berikut adalah jenis-jenis lampu LED :

  1. LED mini. Lampu LED ini yang paling umum dan secara tidak langsung Anda sering melihatnya. Biasanya sebagai indikator tanda menyala baik merah ataupun hijau. Umumnya pada barang elektronik seperti indikator CPU, indikator monitor, indikator trafo, indikator radio, dan sebagainya. Paling banyak banyak ditemui pada peralatan elektronik rumah tangga.
  2. Super Flux LED. Jenis LED ini banyak memakan daya listrik karena memiliki 2 kutub positf dan 2 negatif. Banyak digunakan sebagai paapn reklame di jalan raya.
  3. Bicolor / Multicolor LED. Lampu LED jenis bicolor atau multi color adalah lampu LED yang mengeluarkan lebih dari 2 – 6 warna, sehingga terlihat berwarna-warni. Mudahnya Anda dapat melihat pada jenis mouse USB, mainan anak, ataupun lampu hias.
  4. Surface Mount Device (SMD) LED. Jenis lampu lED ini memiliki chip dan ukuran yang agak kecil dan memiliki tinggat terang yang lebih terang. Umumnya Anda temui pada lampu emergency, lampu hias, ataupun senter.
  5. Chip On Board (COB) LED. Jenis LED ini adalah LED yang tersusun dalam satu papan dalam ratusan atau ribuan chip. Umumnya Anda temui pada LED meteran, lampu hias mobil, lampu rem atau lampu belakang bus.
  6. High Power LED. Ini merupakan jenis LED yang memiliki cahaya yang sangat terang ari LED umumnya. namun memiliki kelemahan karena menghasilkan panas berlebih. Umumnya dapat ditemui pada lampu senter.

Itulah 6 jenis lampu LED yang umum ada di pasaran. Semoga bermanfaat !

Reff : masputz.com

Info Menarik Lain:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *